Travel Ke Pulau Pulau Eksotis Di Bali Pemandangannya Mantap

Travel Ke Pulau Pulau Eksotis Di Bali Pemandangannya Mantap - Kamu mungkin tahu tidak sedikit soal Bali. Tapi tahukah kamu mengenai berbagai pulau kecil di kurang lebihnya?

Pulau-pulau yang nyaris terlupakan ini adalah tempat paling baik untuk menyaksikan matahari terbenam atau juga untuk snorkeling.

pulau bali

Travel Ke Pulau Eksotis Di Bali

Yang membikin pulau-pulau ini tambah hebat sebab tidak tidak sedikit orang tahu (atau ingat) mengenainya. Cerita mengenai pulau-pulau ini tidak jarangkali tertutup oleh cerita mengenai Pulau Bali sendiri.

Jadi, kalau kamu ingin melarikan diri sejenak dari keramaian di Bali, naiklah ke atas perahu sekarang!

1. Tempat persembunyian untuk bersantai-santai: Nusa Lembongan
Nusa Lembongan dikenal sebagai Bali versi slow atau lebih santai.

Di sini kamu bakal memperoleh penginapan yang enjoy, tidak ada yang berkeliling menjajakan barang jualan, tidak ada kaki lima serta pasti saja tidak ada yang namanya macet. Hanya sedikit motor lalu-lalang di jalanan, kendaraan beroda empat (semacam buggy cars) boleh dipakai hanya dengan izin tetua desa (bayangkan!). Jadi pada umumnya, penduduk di sana berkeliling dengan berlangsung kaki atau bersepeda.

Nusa Lembongan mempunyai pantai-pantai semacam yang biasa kamu lihat di kartu pos dengan air laut yang begitu jernih. Kalau ingin merasakan petualangan yang agak tidak sama, kamu bisa menyusuri hutan bakau dengan kapal kecil. Jangan khawatir, ada pemandunya kok.

Cara ke Sana: Dari Pantai Sanur atau Dermaga Benoa bisa dicapai dengan fast boat (30 menit) atau kapal biasa (90 menit lebih)

2. Menyeberang ke area yang (nyaris) terlupakan : Nusa Ceningan
Nusa Ceningan bisa diakses dengan mudah via jembatan sederhana dari Nusa Lembongan. Pulau kecil ini tidak jarang terlewatkan oleh mereka yang gemar menjelajahi pulau-pulau di Bali. Hingga-sampai pulau ini tidak jarang disangka sebagai tahap dari Nusa Lembongan.

Mereka yang suka dengan tantangan pasti menyukai Blue Lagoon – area pesisir di mana penduduk lokal telah menyediakan tempat untuk cliff jumping (lompat tebing) dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut. Sayangnya  kini tempat ini tetap ditutup untuk argumen keselamatan.

Pasalnya terdengar berbagai berita ngeri mengenai ombak besar yang menghempas puncak tebing kemudian menyapu pengunjung yang berada di atasnya. Oleh sebab itu kamu butuh ekstra hati-hati kalau mau naik tebing ini ya. Mesikipun niatmu hanya ingin menikmati pemandangan, tetap jaga jarak dari pinggir tebing.

Cara ke Sana: Dari Nusa Lembongan, kamu tinggal menyeberangi jembatan kuning yang ikonik itu untuk hingga ke Nusa Ceningan. Kalau kamu dari Bali, kamu wajib naik kapal ke Nusa Lembongan terlebih dahulu.

3. Menelusuri pulau perawan – Nusa Penida
Telah bosan dengan pantai-pantai yang telah dikomersilkan?

Pulau tersembunyi ini mempunyai tidak sedikit keindahan natural yang tetap jarang tersentuh, apalagi dieksplor. Nusa Penida adalah surga bagi tidak sedikit tipe burung, bahkan jadi habitat alamiah berbagai tipe burung yang hampir punah.

Bila kamu ke Nusa Penida, kamu wajib mengunjungi Goa Giri Putri di Desa Pakraman. Gua ini disakralkan sebagai tempat suci bagi salah satu Dewa Hindu, yaitu Shiva. Semacam gua-gua lainnya, di sini kamu bisa menonton stalaktit serta juga susunan batu kapur yang indah.

Asiknya lagi, di sini kamu bisa bermain dengan ikan mola-mola raksasa yang tidak jarang ditemukan di perairan kurang lebih Nusa Penida.

Cara ke Sana: Terdapat speed boats serta kapal feri dari Bali ke Nusa Penida melewati Sanur, Padang Bai, serta Dermaga Benoa. Kamu juga bisa pergi ke Nusa Penida dari Nusa Lembongan dengan kapal umum yang biasa dipakai warga.

4. Melepaskan kura-kura ke alam leluasa di Gili Meno
Gili Meno terletak di antara Gili Trawangan serta Gili Air, persis di area lepas pantai Lombok. Pulau kecil ini tidak jarang terlalaikan sebab pulau-pulau lain yang lebih besar di kurang lebihnya lebih tidak jarang didatangi orang.

Pulau ini berpenduduk kurang lebih 400 orang, serta mempunyai pantai-pantai indah yang belum tidak sedikit diketahui orang. Pasir putih yang lembut, ratusan kerang laut, batu karang yang indah serta air laut yang bening serta tenang bisa kamu temukan di sini. Inilah surga!

Dan kalau kamu penggemar lingkungan, kita punya berita baik untukmu.

Kamu bisa pergi ke penangkaran kura-kura tempat mereka bertelur dengan aman, lalu kamu bisa ikut melepaskan tukik atau anak kura-kura yang baru menetas kembali ke laut.  Untuk kelangsungan hidup penangkaran kura-kura ini, tidak ada salahnya kalau kamu memberbagi donasi seikhlasnya.

Cara ke Sana: Naik Amed Express dari Amed yang pergi dari dermaga 2 kali sehari dengan 1,5 jam perjalanan yang lumayan bergelombang.

5. Negeri bawah laut yang penuh pesona – Pulau Menjangan
Bukan cuma tersembunyi, pulau tidak berpenghuni ini juga adalah salah satu tempat dengan pemandangan bawah laut yang paling indah di seantero Bali.

Lokasinya yang agak terpencil membikin pulau ini seolah tersembunyi dari tidak sedikit wisatawan, jadi kondisi koral di bawah lautnya (dengan kedalaman 26-60 meter) lumayan terjaga dengan baik serta jadi tempat tinggal bagi lebih dari 226 tipe ikan.

Bukan itu saja. Di bawah laut Pulau Menjangan ada suatu  bangkai kapal laut dari kayu berumur 150 tahun yang hingga kali ini tetap misterius asal-muasalnya.

Cara ke Sana: Naik kapal dari Labuhan Lalang atau dari Dermaga Terima.

6. Ini dirinya surganya snorkeling: Gili Gede
Kalau kamu pikir kita menyisakan yang paling baik di urutan terbaru daftar ini, yes kamu benar sekali!
Gili Gede adalah tahap dari Kepulauan Gili Lombok yang berlokasi di tahap selatan.

Tidak semacam pulau-pulau lain di tahap utara, Gili Gede baru saja dikenal oleh tidak sedikit wisatawan, sebab itu keindahannya belum tidak sedikit terjamah.Gili Gede adalah tempat paling baik untuk mengawali snorkeling di kurang lebih 12 pulau lainnya.

Sebab tetap belum tidak sedikit yang mengunjungi Gili Gede, tempat ini mempunyai karang-karang indah dengan kondisi paling baik.

Cara ke Sana: Dulu untuk pergi ke Gili Gede bisa dibilang amat merepotkan, sebab wajib naik pesawat, lalu dilanjutkan dengan kapal feri kemudian bis. Saat ini kamu bisa pergi ke sana hanya dengan menyewa speed boat dari Gili Gede Fast Boat yang pergi dari Pelabuhan Serangan di Bali.

Berminat untuk island hopping seusai membaca postingan ini? Apakah kamu sempat mendengar pulau-pulau lain yang juga sama indahnya? Berbagi di kolom komen, ya!