Ke Tempat Jual Ban Traktor tapi Belum Bisa Membaca Ukurannya? Simak Ulasan Berikut Dulu!

Di tempat yang jual ban traktor, ada beberapa jenis ban yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. ukuran ban traktor berbeda dengan ban biasanya salah satunya adalah karena traktor termasuk sebagai salah satu alat berat. Alat berat menggunakan mesin diesel yang besar agar fungsi kerjanya juga maksimal.


Ukuran Ban Depan dan Belakang Berbeda
Ukuran ban yang besar memiliki fungsi yang bermacam-macam dan salah satunya adalah agar traktor tidak mudah selip dan tetap stabil ketika dipergunakan. Ukuran ban bagian depan traktor cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ban belakang. Karena itu, tapak ban belakang juga lebih besar dan usianya juga lebih panjang dibandingkan ban depan.

Agar tidak salah dalam memilih ukuran ban, Anda harus membaca ukurannya. Ukuran ban tersebut tercetak di ban. Dengan begitu Anda bisa mengecek apakah ban tersebut memang yang Anda butuhkan atau tidak.

Penulisan Ukuran Ban Traktor
Pada dasarnya, terdapat 2 jenis format penulisan ukuran ban yaitu format standar dan metric.

Format Standar
Format ini merupakan format yang paling banyak ditemui sehingga lebih mudah untuk membacanya. Misalnya 14.9-4.2” berarti ban tersebut memilliki lebar 14.9 inchi dengan diameter roda 42 inci.

Tanda (-) tersebut bisa juga ditulis dengan R jika ban tersebut adalah ban radial. Jenis ban radial ini kerap dipergunakan untuk jenis traktor diesel.

Format Metric
Format matrik ini memiliki penulisan yang lebih panjang dan deskriptif. Dalam penulisan ukurannya, akan sedikit membingungkan untuk Anda yang belum terbiasa dengan penulisannya. Misalnya pada ban tertulis 520/85R42. Artinya adalah ban tersebut memiliki lebar 520 mm dan termasuk ban radial dengan ukuran pelek 42 inchi. Sedangkan 85 berarti rasio dalam persentase.

Artinya adalah ban tersebut memiliki ketinggian dinding samping ban yang ukurannya sama dengan 85% dari lebar ban. Dapat dikatakan ban yang menggunakan label di atas memiliki tinggi dinding samping sebesar 442 mm dari perhitungan 85/100 x 520.

Jika dilihat dari ukurannya ada 4 jenis ukuran ban traktor yaitu:
  1. 350 yang dipergunakan untuk memanen dan menyemprot. 
  2. 356 yang lebih bisa memberikan grip traktor sehingga bisa lebih kuat dan membantu penghematan penggunaan konsumsi bahan bakar traktor. 
  3. 360 yang memiliki inflasi rendah serta volume ban yang tinggi. 
  4. 270 yang mempunyai kualitas bantalan dari beban yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Untuk mencari jenis dan ukuran ban traktor yang tepat, jika Anda masih bingung, Anda bisa mengunjungi https://berkatpartindoabadi.com/. Di tempat yang juga jual ban forklift dan alat berat lainnya ini, Anda bisa mendapati berbagai jenis ban dengan ukuran bervariasi dan harga terjangkau. Jadi, daripada bingung memilih mana yang tepat, langsung saja kunjungi Berkat Partindo Abadi.