Fakta Unik Lego yang Perlu Anda Ketahui

Lego merupakan mainan yang sangat populer dari waktu ke waktu. Mainan ini dimainkan dengan dibongkar dan dipasang hingga membentuk struktur unik tertentu sesuai keinginan. Setiap setnya terdiri dari berbagai bentuk yang harus disusun oleh pembelinya. Begitu unik mainan ini hingga banyak orang masih sangat menggemarinya selama bertahun-tahun.


Telah Hadir Sejak Lama
Salah satu fakta yang perlu Anda ketahui tentang mainan ini adalah bahwa umurnya sudah sangat lama. Tidak hanya belasan tahun, tetapi puluhan tahun mainan bongkar pasang ini telah hadir menemani penggemarnya. Terdapat perjalanan yang sangat panjang dari mulai terciptanya ide hingga pengembangan mainan ini di masa sekarang.

Sekitar tahun 1949, pihak perusahaan mulai menjalankan produksi bata-bata penyusun yang sama. Kemudian, bata tersebut dibuat dengan menggunakan bahan cellulose acetate. Bentuk khasnya adalah terdapat struktur berupa tonjolan bulat di bagian atas bata. Selain itu, umumnya bagian bawahnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang yang kosong.

Dari LEG dan GODT
Mendengar nama lego mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya dari mana asal nama ini. Nah, ternyata istilah ini berasal dari Bahasa Denmark yang berbunyi “Leg godt”.  Kedua kata ini memiliki dapat diterjemahkan sebagai “Bermain dengan baik”. Kemudian sang pemilik ide mengetahui pula bahwa dalam Bahasa Latin kata ini berarti “Saya menyusun” atau “Saya merakit”.

Filosofi nama yang dipilih memiliki keselarasan dengan cara memainkan mainan itu sendiri. Anda harus melakukan pembongkaran dan penyusunan atau perakitan untuk mendapatkan suatu struktur utuh. Sebagai contoh adalah set Eiffel Tower yang mengharuskan Anda menyusun bata-bata sederhana menjadi semirip mungkin dengan Menara Eiffel.

Sudah Sangat Banyak Diproduksi
Sebagai sebuah mainan yang telah hadir selama puluhan tahun, tentunya jumlah produksinya tidaklah sedikit. Ratusan juta minifigure telah dibuat dan dihadirkan hingga ke hadapan konsumen. Misalkan dalam setahun, katakanlah produksi bata-bata ini mencapai 340 juta minifigures.

Jika Anda penasaran sebanyak apa 340 juta minifigure tersebut, bayangkan jika semuanya diletakkan dalam satu baris. Menurut sebuah sumber, dikatakan bahwa jarak yang mampu ditempuh oleh kumpulan bata tersebut mencapai sekitar 7900 km. Dengan panjang itu, seolah-olah Anda bisa membentangkannya mulai dari London, Inggris ke Beijing, hingga China.

Menara Paling Tinggi
Lego memang merupakan mainan yang sangat unik karena bata-batanya bisa disusun menjadi berbagai bentuk tak terduga. Penyusunan ini tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Hal ini dipengaruhi pula oleh tingkat kesulitan struktur yang ingin dibangun. Salah satu contohnya adalah penyusunan menara dengan ketinggian tertentu.

Sebuah sumber mengatakan bahwa terdapat menara yang dibangun dengan menyusun bata-bata hingga ketinggian 28,7 meter. Menara yang sangat tinggi tersebut tentunya memerlukan bata penyusun dalam jumlah besar. Sekitar 465.000 bata diperlukan untuk mendirikan struktur ini.

Tidak Ada Tema Militer
Setelah sekian puluh tahun berdiri, tentunya mainan bongkar pasang ini telah diproduksi dalam berbagai tema. Ada tema tentang ilmuwan, bangunan, dan lain sebagainya. Namun, ternyata perusahaan tidak memproduksi bata-bata dengan tema militer. Alasan dari hal ini adalah karena tidak ingin anak-anak menjadikan perang sebagai mainan.

Itu tadi adalah beberapa fakta unik terkait dengan lego yang mungkin Anda ingin ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk memainkannya mungkin bisa mulai dari jenis yang paling sederhana. Banyaknya tema yang diproduksi membuat Anda bisa memilih mana yang ingin dicoba pertama.